Wednesday, December 10, 2008

YESUS MATI

KRONOLOGI KEMATIAN YESUS

Adapun drama kematian Yesus setelah posting "Mitos Salib dan Natal" terdaulu, menurut kisah ayat-ayat Alkitab, kita ketahui berikut ini:

1. Yesus ditangkap tengah malam sekitar jam 3 dini hari menjelang fajar, saat bersama murid2 nya di Taman Getsemane (Mat 26:36, 46 dan Markus 32:42). Inilah detik terakhir Yesus berdoa ketakutan dan menyatakan keberatan pada Bapa kenapa harus mati di salib.

2. Setelah ditangkap, semua muridnya lari ketakutan meninggalkannya sendirian (Karkus 14:50).

3. Yesus enam kali disidang dengan siksa sepanjang perjalanan dan berakhir dengan keputusan mati oleh Hakim Pilatus (Mat 7:11-26; Markus 15:1-15 dan Lukas 23:1-5). Jalan persidangan Yesus, seperti diceritakan Alkitab diatas berjalan seperti laku Sejarah berikut:

> Di persidangan Mahkamah Agama oleh Imam Besar Hannas
> Di persidangan Mahkamah Agama oleh Imam Agung Kayafas
> Di persidangan Mahkamah Agama oleh Imam Pontius Pilatus.
> Di sidang Mahkamah Raja Herodes.

Persidangan akhir diserahkan kembali kepada Pontius Pilatus.
Baru Yesus dijatuhi Hukuman Mati di salib, inilah sidang tercepat dunia yang pernah ada; Jam tida dini hari ditangkap langsung diproses di pengadilan, jam 12.00 disalibkan, jam 15.0 dia dinyatakan telah mati oleh prajurit kerajaan.

4. Di hari Jum’at itu jam 12.00 siang Yesus disalib, Perempuan-perempuan yang mengenali Yesus sajalah yang menyaksikan peristiwa tersebut selengkapnya. Lihat Matius 27:32-44; Markus 15:21-32; Yoh 19:17-24!

5. Lambung Yesus ditusuk dengan tombak, seperti penjelasan Injil Yoh 19:34-35 berikut:
”Tetapi seorang dari antara prajurit itu menikam lambung-Nya dengan tombak, dan segera mengalir keluar darah dan air. Dan orang yang melihat hal itu sendiri yang memberikan kesaksian ini dan kesaksiannya benar, dan ia tahu, bahwa ia mengatakan kebenaran, supaya kamu juga percaya.”

6. Pilatus heran mengapa kematian Yesus begitu amat cepat???? Periksalah keterangan ayat dalam Markus 15:44.

7. Yesus di dalam kubur selama tiga hari tiga malam, kemudian bangkit dan hidup kembali (see Mat 20:1-10; Markus 16:1-8; Luk 24:1-12) Ada peristiwa penting yang patut diperhatikan disini yaitu:

> Minggu pagi hari pertama, dijelaskan dalam Markus 16:1-2 dan Markus 15:47
Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus. Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.

> Batu yang terguling.
Markus 16:3 Mereka berkata seorang kepada yang lain: "Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?" Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.”

Perempuan-perempuan itu sangat terkejut saat melihat batu besar itu telah terguling dan kain kafannya jatuh tergeletak di tanah. Lihat Yoh 20:5!

> Pertemuan dengan Maria Magdalena. Lihat kisah selengkapnya dalam ayat Yoh 20:15.

> 40 hari kemudian Yesus naik ke surga (Markus 16:19)




Demikianlah drama kematian Yesus berdasar ayat Alkitab, sedangkan QS Al-Baqarah [2]:111 ”......Tunjukkanlah buktimu jika engkau orang benar”, bahwa tipu daya tentang kematian Yesus di Kayu Salib hanyalah ilusi sejarah yang diyakini oleh penjelasan Alkitab sendiri seperti demikian adanya meragukan itu semua dan mempertanyakan"Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati (Lukas 24:5) , maka silahkan menimbang sendiri kebenarannya. (Yusuf Alhadid)

Di dalam QS 19:88 Dan mereka berkata: "Tuhan Yang Maha Pemurah mengambil / mempunyai anak"; 19:89 Sesungguhnya kamu telah mendatangkan sesuatu perkara yang sangat mungkar; 19:90 hampir langit pecah karena ucapan itu, dan bumi terbelah, dan gunung- gunung runtuh; 19:91 karena mereka mendakwa Allah Yang Maha Pemurah itu mempunyai anak. Lihat ayat senada QS 23:91, 18:4, 8:12, 6:101 (Kodiran Salim)

Adapun soal hubungannya dengan Hari Natal jelaslah itu dalam kerangka keyakinan seperti telah diterangkan diatas, seperti juga grand design penjelasan ayat tentang kelahiran Yesus yang juga bertentangan satu ayat dengan ayat lain, Wallahu a’lam bis-showaab. []





Sumber Bacaan:
1. Keputusan Konsili Vatikan (tanpa Tahun), menyangkut sikap dan keputusan berkait aqidah / ajaran iman Kristiani, tata tertib dan tindakan pastoral administratif.
2. Makalah Kristologi (2006) berjudul “Yesus Di Salib Hidup atau Mati” oleh Yusuf Alhadid.
3. Analisa Perbedaan ALLAH Islan dan Kristen (tanpa Tahun), Kodiran Salim, Ulil Albab Batuampar.
4. Insprasi kasus internal umat islam (2007) terkait Perayaan Natal, seperti diungkap media "http://hidayatullah .com/index. php?option= com_content&task=view&id=6058"

andimhd@yahoo.com

No comments: