Wednesday, December 3, 2008

PERISKOP ALKITAB

PERISKOP

ALKITAB AL-QUR’AN

(SERIAL BERSAMBUNG)

Edisi tulisan ini kami sajikan bersambung demi kebutuhan mempelajari isi Alkitab diperbandingkan dengan Al-Qur’an tanpa pretensi menghakimi terlebih dahulu. Kajian ini sebagai ilmu perbandingan semata, yakni mengenal rujukan keduanya yang sering dijadikan literratur pokok oleh kedua golongan umat beragama Nasrani dan Islam di dalam membahas suatu apapun masalah tertentu.

Penyusunan tulisan ini didasarkan pengalaman studi terbatas team Fdk ketika bersama-sama mengkaji Alkitab dalam suatu pelatihan, dilengkapi literatur seperti:

1. Membuka Lembaran Kitab Suci Alkitan dan Al-Qur’an (1968) oleh Drs. Tohari Musnamar, seksi Publikasi PP ISM Yogyakarta;

2. Program Al-Quran Digital dan Program Alkitab Digital;

3. Daftar Periskop Alkitab, makalah Studi Kristologi (2005), Forum_Fdk;

4. Analisa Perbedaan ALLAH Islam dan Kristen (tanpa thn), Kodiran Salim, Peneliti Lintas Kitab Suci, Ulil Albab, Batuampar.

Adapun susunan bahasan Periskop Alkitab Al-Qur’an ini diambil dari Tohari Musnamar karena kemudahan pemahaman dan demi efektifitas penyajian, yakni tertulis sebagai berikut:

  1. Ayat-ayat yang berkesuaian antara Alkitab dengan Al-Qur’an.
  2. Teks Ayat yang berbeda antara kedua Kitab Suci.
  3. Ayat-ayat yang berhubungan tapi bisa sesuai atau bertentangan (tambahan Fdk).
  4. Beberapa Catatan antara Alkitab dan Al-Qur’an (atas pengembangan Fdk).

Semoga catatan sederhana ini mengantar pemahaman kita dalam rangka mencari kebenaran haqiqi bahwa Al-Quran sebagai “petunjuk” datangnya hidayah dan demi menjalankan perintah Allah SWT mendakwahkan al-islam dengan cara baik dan bijaksana. [] forum_fdk@yahoo.com


A. Teks Ayat-ayat Yang Berkesuaian

Antara Alkitab Al-Qur’an

Gelar “Anak Allah” tak hanya Untuk Yesus

Alkitab / INJIL

Roma 8:16

Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.


Roma 8:29

Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara


2 Samuel 7:13

Dialah (Daud) yang akan mendirikan rumah bagi nama-Ku dan Aku akan mengokohkan takhta kerajaannya untuk selama-lamanya.


2 Samuel 7:14

Aku akan menjadi Bapanya, dan ia akan menjadi anak-Ku. Apabila ia melakukan kesalahan, maka Aku akan menghukum dia dengan rotan yang dipakai orang dan dengan pukulan yang diberikan anak-anak manusia.

Yohanes 1:12

Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya.


Al-Qur’an

QS An-Nahl [16]: 51.

Allah berfirman: "Janganlah kamu menyembah dua tuhan; Sesungguhnya dialah Tuhan yang Maha Esa, Maka hendaklah kepada-Ku saja kamu takut".


QS At-Taubah [9]: 30.

Orang-orang Yahudi berkata: "Uzair itu putera Allah" dan kaum Nasrani berkata: "Almasih itu putera Allah". Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling?

QS 9:31.

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai Tuhan selain Allah [*] dan (juga mereka mempertuhankan) Almasih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Dia. Maha Suci Allah dari apa yang mereka persekutukan.
[*] Maksudnya: mematuhi ajaran-ajaran para alim dan rahib-rahib dengan membabi buta, biarpun orang alim diikuti itu menyuruh membuat maksiat atau mengharamkan yang halal.

forum_fdk@yahoo.com Koren

No comments: